Scroll to top

Kegiatan World Rabies Day PDHI Cabang Jatim 7
User

Kegiatan World Rabies Day PDHI Cabang Jatim 7

WORLD RABIES DAY 2020 DI PDHI CABANG JATIM VII 

( JEMBER DAN LUMAJANG)

Rabies merupakan penyakit infeksi akut pada sistem saraf mamalia (termasuk manusia) yang disebabkan oleh virus bernama rhadovirus. Penyakit itu bersifat zoonosis atau menular dari hewan ke manusia dan sangat mematikan. Penularan terjadi akibat partikel virus yang berada dalam air liur hewan terinfeksi berhasil masuk ke dalam tubuh manusia atau hewan melalui gigitan. Selain anjing, virus rabies juga dapat menjangkit beberapa hewan lain seperti kucing, kera, dan musang.

Baca Lainnya :

Memperingati Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day (WRD) yang jatuh pada 28 September , Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia ( PDHI ) Cabang Jatim VII yang meliputi wilayah Jember dan Lumajang mengadakan Kegiatan dengan 2 agenda utama dalam rangkaian WRD tahun 2020, yaitu talkshow di Radio serta pemberian vaksin rabies gratis untuk Hewan Anjing, Kucing dan Musang. 

Dalam peringatan World Rabies Day 2020, kegiatan tersebut bertujuan memberikan informasi yang akurat mengenai penyakit zoonosis Rabies kepada masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Rabies, serta memberikan pemahaman tentang upaya pengendalian penyakit Rabies di Indonesia. Baik pada manusia maupun hewan. 

Ketua panitia WRD 2020, Drh. Rifki Nugroho, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Profesi untuk mendukung Program Pemerintah untuk menjadikan Indonesia bebas rabies 2030 dan kepedulian dokter hewan dalam rangka pengabdian masyarakat . 

Tahun ini, Talk Show diadakan di K Radio Jember pada 5 September 2020. Sedangkan Vaksinasi Rabies Gratis diadakan pada 28-30 September 2020 di 17 drh. Praktek di Jember dan Lumajang, tidak dikumpulkan di satu tempat untuk menyikapi kondisi Pandemi COVI-19, juga dengan tujuan agar Masyarakat dapat lebih merata mendapatkan Pelayanan dan memperkenalkan drh terdekat yang ada di wilayah tersebut.  Masyarakat cukup antusias dengan kegiatan ini terbukti target awal jumlah pendaftar Vaksinasi yang melebihi target, hingga penambahan kuota vaksin yang sebelumnya 100 menjadi 200 dosis.

 “Lebih Rinci, drh. Rifki menjelaskan bahwa Tahun ini tema WRD adalah “End Rabies : Collaborate,Vaccinate ”, yang berarti dibutuhkan Kolaborasi semua elemen serta vaksinasi agar kita bias mewujudkan mengeliminasi rabies yang ada di dunia pada 2030. Meski Jawa Timur masuk ke dalam provinsi yang dinyatakan bebas rabies di Indonesia, tetap dihimbau masyarakat untuk tetap waspada lantaran Jawa Timur berdekatan dengan wilayah yang endemis rabies, semisal Bali dan Kalimantan. Sehingga tidak tertutup kemungkinan potensi penyebaran rabies dapat terbawa melalui jalur lalu lintas antara wilayah endemis ke wilayah bebas rabies. Namun, resiko tersebut dapat dicegah melalui pemberian vaksin rabies secara rutin dan berkala terhadap hewan peliharaan

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Kegiatan PDHI Cabang Jatim VII, bisa follow akun :

IG @pdhi.jatim7

Facebook @pdhi jatimvii

Youtube @pdhi jatimVII



Write a Facebook Comment

Leave a Comments