Scroll to top

PELANTIKAN PENGURUS PERHIMPUNAN DOKTER HEWAN CABANG SUMATERA SELATAN  MASA BAKTI 2020 – 2024
User

PELANTIKAN PENGURUS PERHIMPUNAN DOKTER HEWAN CABANG SUMATERA SELATAN MASA BAKTI 2020 – 2024

Pada tanggal 10 April 2021 bertempat di Hotel Excelton Palembang telah dilakukan pelantikan pengurus PDHI wilayah Sumatera Selatan periode masa bakti 2020- 2024. Pelantikan ini, menjadi momentum yang membanggakan bagi seluruh pengurus yang dilantik dan bagi seluruh anggota PDHI Cab. Sumsel, karena meski dalam kondisi pandemi ini, acara pelantikan dapat terlaksana secara Hybrid. Dr. Drh. Jafrizal, MM untuk kedua kalinya terpilih sebagai ketua umum PDHI Cab. Sumsel melalui pemilihan ketua umum yang telah dilakukan secara virtual pada 4 Desember 2020. Sebelum acara pelantikan dilaksanakan, Asisten Administrasi Umum Provinsi Sumatera Selatan Prof.Dr. Eduar Juliantha, M.Si yang mewakili Gubernur SumSel dalam sambutanya menyampaikan harapan agar kolaborasi PDHI dengan pemerintah daerah lebih ditingkatkan.  

Pelantikan  dilakukan langsung oleh ketua PB PDHI Pusat  Dr.drh. Muhammad Munawaroh, MM secara virtual dan penyematan Gordon  oleh penasehat PDHI cabang SUMSEL drh. I Wayan Telabah didampingi Asisten Administrasi Umum Prov. Sumsel. Pelantikan dan pembacaan sumpah pengurus dibacakan langsung oleh Ketua PB PDHI Pusat yang diikuti oleh para pengurus. Acara pelantikan juga dihadiri oleh beberpa pejabat lingkup Provinsi Sumsel antara lain Kepala dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Rusuan Efendi,MM ;  ketua Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia cabang Sumatera Selatan Dr. Ir. H. Abdul Najib; Paravetindo serta beberapa undangan baik asosiasi, organisasi profesi dan perusahaan yang bergerak dibidang kesehatan hewan. Dalam pidato perdana setelah dilantik sebagai Ketum PDHI cab. Sumsel, Dr. Jafrizal menyatakan bahwa tantangan profesi dokter hewan akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kualitas dan keamanan pangan. Selain pangan, perubahan yang cepat telah terjadi dalam lima tahun terakhir terkait keresahan masyarakat terhadap penyakit yang ditularkan oleh hewan kepada manusia (zoonosis) seperti SARS, flu brung, antrax bahkan Corona yang tentunya membutuhkan kehadiran dokter hewan untuk membantu pemerintah dalam mengatasinya. Lebih lanjut disampaikan untuk kepemimpinan yang kedua, Doktor Jafrizal berkomitmen menjadikan PDHI Cab. Sumsel sebagai mitra pemerintah daerah dengan mendukung program-program dibidang peternakan, diantaranya peningkatan perekonomian masyarakat, pencapaian swasembada protein dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat. Dalam arahan dan sambutan oleh Ketua PB PDHI, Dr.drh. Muhammad Munawaroh, MM juga menekankan pentingnya dokter hewan dalam menjamin kesehatan, higienitas dari produk asal hewan mulai dari peternakan sampai keatas meja makan.Ditambahkan bahwa 70% penyakit zoonosis bersumber dari hewan, sehingga sudah saatnya PDHI berkolaborasi dengan dokter umum dan stakeholder lain untuk memeranginya. 

Setelah upacara pelantikan, dilanjutkan juga dengan penyelenggaraan Contuining Professional Development  dengan menghadirkan dua pakar diibidang hewan besar dan hewan kesayangan, yaitu Dr.drh. Langgeng Priyanto, M.Si  yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Hubungan Lembaga dan Organisasi dengan tema “Pelayanan Medik Reproduksi Hewan Besar”  dan  Dr.drh Jafrizal, MM dengan tema “ Pelayanan Medik Hewan Kecil”. 

Baca Lainnya :

Selamat Kepada Ketua Umum dan Seluruh Pengurus PDHI Cabang Sumatera Selatan Masa Bakti 2020-2024 yang dilantik. Ditunggu kiprah dan karya terbaiknya untuk kemajuan organisasi profesi tercinta “Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia “.

TAGS: dokter-hewan

Write a Facebook Comment

Leave a Comments