Scroll to top

Serba-serbi Dokter Hewan
User

Serba-serbi Dokter Hewan

Dokter Hewan adalah mereka yang mengabdikan hidup mereka untuk menjaga hewan-hewan agar tetap sehat dan membantu mereka disaat kesusahan. Menjadi dokter hewan ada ceritanya masing-masing.

Dokter Hewan adalah mereka orang-orang terpilih

Tidak semua orang yang memiliki keberanian dan semangat tinggi bersedia menjadi dokter hewan. Salah satu kesusahan menjadi dokter hewan adalah harus memahami banyak macam spesies.

Dokter Hewan rela berkorban demi pasien yang membutuhkan bantuan

Tidak semua dokter hewan pada awalnya berani menghadapi segala macam spesies hewan. Mereka juga memiliki kelemahan, namun mereka menghadapinya dengan keberanian ekstra, demi menjalankan tugas mereka.

Melindungi Manusia dengan menjaga kesehatan hewan

Motto seorang dokter hewan adalah "Manusya Mriga Satwa Sewaka”,  yang artinya berusaha mengamalkan ilmu kedokteran hewan yang dimiliki untuk kepentingan manusia. Sebagai informasi tambahan ±70% penyakit manusia dan hewan bersifat zoonosis yang artinya bisa menular dari hewan ke manusia begitu juga sebaliknya. Contoh penyakitnya adalah TBC, flu,toksoplasma, rabies dan leptospirosis. Jadi bisa dibayangkan bagaimana kacaunya kehidupan jika tidak ada dokter hewan.

Memiliki lapangan pekerjaan yang melimpah dan berbagai macam

Dokter hewan tidak hanya bertugas untuk menyembuhkan kucing diare, singa yang terserang asma, atau membantu gajah yang melahirkan. Banyak lowongan pekerjaan lainnya seperti :
-Supervisor di perusahaan pangan
-Supervisor di perusahaan pakan
-Membuka praktek sendiri
-Bekerja di karantina hewan untuk mencegah penyeludupan hewan langka keluar masuk Indonesia
-Menjadi Dosen
-Menjadi Ilmuan
-dan masih banyak lagi

Dihargai karena merupakan pekerjaan yang luar biasa (di luar negri)

Orang luar menghargai pekerjaan ini karena profesi mendatangkan banyak manfaat. Sayangnya di Indonesia pekerjaan ini masih kalah pandangan dari dokter umum dan dokter gigi. Namun masih ada hikmahnya kok. Dengan kurangnya minat pendatang baru di bidang ini maknanya hampir semua lulusan kedokteran hewan tidak ada yang jadi pengangguran intelektual karena kuotanya masih terbuka lebar.

Berani berdiri di haris terdepan jika ada serangan penyakit baru

Orang biasa mungkin panik apabila menemukan bahwa ada jenis penyakit baru yang menyerang,namun tidak dengan dokter hewan, mereka justru senang, karena mereka memiliki tantangan baru untuk mencari solusinya. Mereka pastinya tidak akan tinggal diam jika keselamatan manusia menjadi taruhannya.

Memiliki banyak sahabat berbeda spesies

Hewan berbeda spesies saja bisa bersahabat apalagi hewan dan manusia. Jangan berprasangka bahwa hewan itu tidak memiliki perasaan. Mereka memilikinya. Perlakukanlah mereka dengan baik dan mereka akan menghormati kita, mereka juga akan membuka dirinya terhadap manusia dan kita bisa berteman dengan mereka. Demikian Assist.id

TAGS: dokter-hewan

Write a Facebook Comment

Leave a Comments