Scroll to top

UKMPPDH akan dilaksanakan Mulai Tahun 2021???
Drh M Munawaroh MM Ketua Umum PBPDHI #
User

UKMPPDH akan dilaksanakan Mulai Tahun 2021???

UKMPPDH bertujuan untuk menjaga mutu lulusan pendidikan dokter Hewan dan merupakan bentuk perlindungan terhadap masyarakat serta pengguna jasa layanan kedokteran.

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan (UKMPPDH) merupakan satu-satunya ujian yang diselenggarakan oleh negara bagi calon dokter hewan Indonesia untuk mendapatkan gelar dokter hewan. Ujian ini dulu lebih dikenal dengan nama Uji Kompetensi Dokter Hewan Indonesia (UKDHI)"

Syarat utama untuk dapat mengikuti UKMPPDH adalah setiap mahasiswa kedokteran hewan harus menyelesaikan pendidikan preklinik, klinik, dan dinyatakan lulus oleh fakultas kedokteran hewan masing-masing.

Baca Lainnya :

Ujian ini terdiri dari 2 bagian, yaitu CBT/Computer Based Test (tes berbasis komputer) dan OSCE/Objective Structured Clinical Examination (tes roleplay dokter dan pasien). Dalam satu tahun, setiap peserta memiliki kesempatan untuk mengikuti UKMPPD hingga 4 kali Peserta UKMPPDH dinyatakan lulus dan mendapatkan gelar dokter hewan apabila peserta berhasil lulus pada kedua tes tersebut (CBT dan OSCE). Apabila belum keduanya lulus, maka perlu mengikuti ujian ulang di bagian yang belum lulus pada periode selanjutnya.

Pedoman pelaksanaan hingga saat ini.masih.digodok oleh TIM UKMPPDH bersama PBPDHI.

Semoga Ujian Kompetensi Baru ini dapat meningkatlan kualitas lulusan dokter Hewan Indonesia.


Sertifikat Kompetensi mulai tahun 2021 tidak.diterbutkan lagi oleh Komite Nasional uji Kompetensi dan PBPDHI. Ini sesuai dengan ketentuan UU No 12 Tahun 2012.

Drh M Munawaroh MM

Ketua Umum PBPDHI




Write a Facebook Comment

Leave a Comments